Saturday, October 6, 2007

Resensi Buku Paradigma Baru (R)Evolusi Sistem Ilmu Pengetahuan


Paradigma Baru
(R)Evolusi Ilmu Pengetahuan

Judul : (R)Evolusi Ilmu Pengetahuan

Penulis : Qinimain Zain Scientist & Strategist

Jumlah Halaman: x + 80

Ukuran Buku : 140 x 210 mm

Peresensi : Harie Insani Putra

Penerbit : Ikatan Intelektual Indonesia – Rumah Cerita (Banjarbaru 2007)



BUKU ini mengurai akar masalah seluruh manusia untuk memahami kehidupan dan semesta, yaitu sistem ilmu pengetahuan. Memuat duabelas tulisan pilihan: (1) Strategi (R)Evolusi Sistem Kompetensi Pendidikan, (2) Strategi (R)Evolusi Sistem Ilmu Pengetahuan, (3) Strategi (R)Evolusi Satuan Ukuran, (4) Strategi (R)Evolusi Krisis Multi Dimensi, (5) Strategi (R)Evolusi Siklus Komunikasi, (6) Strategi (R)Evolusi Perencanaan Operasional, (7) Strategi (R)Evolusi Posisi Pemasaran, (8) Strategi (R)Evolusi Masa Depan, (9) Strategi (R)Evolusi Persepsi Kerja, (10) Strategi (R)Evolusi Kode Organisasi, (11) Strategi (R)Evolusi Sejarah Organisasi, dan (12) Strategi (R)Evolusi Resep Manajemen, dari Qinimain Zain – ilmuwan manajemen dan konsultan ahli strategi, hasil grounded research lebih dari sepuluh tahun di lapangan dan berdialog lebih dari sepuluh tahun di perusahaan, perpustakaan dan pemerintahan, berbagai bidang dan ukuran usaha.

Dalam pengantar penulis, pentingnya buku ini dijelaskan bahwa sebelum tahun 2000, para ilmuwan belum mampu merumuskan syarat keteraturan sistem ilmu pengetahuan, dan inilah sebabnya (ilmu) pengetahuan sosial hanya diakui sebatas pengetahuan saja. Ilmuwan Qinimain Zain kemudian meneliti cabang-cabang ilmu pengetahuan yang mantap seperti fisika, kimia, ekonomi, geologi, klimatologi dan banyak lagi cabang lainnya. Hasil penelitian tersebut kemudian menjadi rumusan yang disebut Total Qinimain Zain Scientific System of Science (2000). Menurutnya ini adalah kunci pemecahan bagi segala akar masalah dunia, kini dan masa depan.

Tentu saja penemuan ini sebagai jawaban atas definisi ilmu pengetahuan itu sendiri. Jika definisi klasik ilmu pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis atau teratur, yang terpadu membentuk prinsip metode rasional untuk tujuan tertentu. Lalu, bagaimana menjelaskan syarat keteraturan sebuah sistem ilmu pengetahuan?

Dalam TQZ Scientific System of Science (2000), paradigma baru keteraturan definisi ilmu pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan yang tersusun secara teratur membentuk kaitan terpadu dari kode, satuan ukuran, struktur, teori dan hukum yang rasional untuk tujuan tertentu. Rumusan ini memiliki keteraturan matematika - kode, fisika - satuan ukuran, biologi - struktur, bahasa - teori dan psikologi – hukum, hingga terjadi (r)evolusi. Sedang (ilmu) pengetahuan sosial (termasuk administrasi dan manajemen) sebelumnya, yang monumental hanya Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow dan skala kualitatif Rensis Likert (tanpa satuan ukuran).

Lantas, pengaruh apa yang dapat diberikan sistem baru ini bagi kemajuan dunia dan ilmu pengetahuan? Untuk ilmu pengetahuan eksakta dan murni berpengaruh sebagai evolusi ilmu pengetahuan, tetapi untuk (ilmu) pengetahuan sosial dan terapan sangat berpengaruh sebagai revolusi, yaitu paradigma Total Qinimain Zain merubah pandangan seluruh apa yang dipahami atau tak dipahami dulu dan teks referensi (ilmu) pengetahuan sosial dan terapan (tercakup pula administrasi dan manajemen) harus ditulis ulang (Strategi (R)Evolusi Sistem Ilmu Pengetahuan – Qinimain Zain).

Buku ini sangat menarik dan uraian jelas, karena setiap tulisan merupakan berupa studi kasus yang dilengkapi dengan diagram. Dan, katanya, sebagian tulisan paradigma baru ini telah disebar ke berbagai belahan dunia, serta dipublikasikan lewat beberapa media cetak dan elektronik, seminar dan pelatihan di kalangan profesi dan akademi di Indonesia.

Sayangnya, meskipun buku ini demikian penting, tidak dijual bebas atau hanya dicetak dengan edisi terbatas. (Dikutip: Harian Radar Banjarmasin, Minggu 20 Mei 2007)

TELAH TERBIT !

Buku TIDAK DIJUAL BEBAS (Edisi Terbatas)

Harga spesial: Dalam Negeri Rp 4.225.000,- (termasuk ongkos kirim)

Harga Luar Negeri US$ 942 (termasuk ongkos kirim)

Berminat Hubungi: iii - Ikatan Intelektual Indonesia (Triple I)

Jl Dahlina Raya I No 155A Komplek Benawa Indah Lestari – Intan Sari, Banjarbaru – Indonesia, Hp: 0813-4960-3825

(Triple I juga melayani undangan seminar, pelatihan, kuliah umum, bedah buku dan lain-lain, berkenaan Paradigma Baru (R)Evolusi Ilmu Pengetahuan dan khusus manajemen strategi untuk pemerintahan, perusahaan dan organisasi profesi)



BIODATA: Qinimain Zain - Scientist & Strategist

BIODATA

QINIMAIN ZAIN, Kandangan, 21 Mei 1965, Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Ilmuwan Manajemen dan Ahli Strategi – Konsultan Spesialis Strategi dan Sistem Ilmu Pengetahuan Satu-satunya.

Alumni Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Cukup banyak mengikuti pendidikan administrasi dan manajemen, dan pelatihan, dari beberapa perusahaan.

Pengalaman kerja, berpengaruh membentuk pemahaman pola administrasi dan manajemen yang sesungguhnya. Pernah bekerja di beberapa lembaga internasional, pemerintahan dan beberapa perusahaan, pada berbagai jabatan berbeda, saling melengkapi.

Kemudian, dari pengalamannya yang banyak selaku operasional dan konsultan manajemen perusahaan berbagai bidang, berbagai ukuran, membuatnya mendalami ilmu pengetahuan setelah mengetahui kekurangan (ilmu) administrasi dan manajemen yang ada, dan melakukan (R)Evolusi Ilmu Pengetahuan, setelah melakukan grounded research, mengamati di lapangan dan berdialog lebih dari sepuluh tahun pada perusahaan, pemerintahan dan perpustakaan, dari barat, Pulau Sumatera sampai ke timur, Pulau Irian, hingga menyusun buku TOTAL QINIMAIN ZAIN: The Strategic-Tactic-Technique Millennium III Conceptual Framework for Sustainable Superiority – THE (R)EVOLUTION OF SOCIAL SCIENCE, The Modern Scientific Administration and Management (2000). Sintesa mengetahui Petunjuk ARAH, Pedoman JALAN dan Rincian LANGKAH untuk unggul berkelanjutan.

Sebagian tulisan telah diberikan pada beberapa pejabat tinggi negara di pusat dan daerah, beberapa pimpinan universitas, perusahaan dan organisasi, juga pada ribuan mahasiswa dan umum dalam berbagai seminar dan pelatihan, di Indonesia. Selain itu, abstrak dan resume buku telah diberikan pula pada puluhan universitas di berbagai negara.

Di undang pelbagai talkshow, seminar, simposium, lokakarya, konferensi dan memberikan kuliah yang diselenggarakan oleh universitas, organisasi, perusahaan dan pemerintahan. Menulis kolom tetap di media cetak dan nara sumber tetap khusus strategi siaran radio. Kini, telah menulis beberapa buah buku dalam edisi terbatas.

Untuk sementara berdomisili di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, E-mail: scientist_strategist@yahoo.co.id, phone: 0813-4960-3825