Saturday, April 24, 2010

Strategi (R)Evolusi (Pengaruh dan Kesimpulan (14/100)


APA sih, kesimpulan pengaruh paradigma baru (r)evolusi ilmu pengetahuan?

(Masalah 14)

PENGARUH DAN KESIMPULAN (14/100)

Paradigma Baru (R)Evolusi Ilmu Pengetahuan

Prinsip 10.

PARADIGMA (ilmu) sosial masih dalam tahap pre-paradigmatik, sebab pengetahuan mengenai manusia tidaklah semudah dalam ilmu alam (Thomas Samuel Kuhn)

SIAPA PUN, di mana pun, yang ingin belajar, mengajar dan meneliti apa pun harus berdasar asumsi paradigma ilmu pengetahuan (dan teknologi) yang benar (meyakinkan saat itu).

Jika tidak, akan buang tenaga, bahan, biaya, waktu, dan pikiran saja.


Referensi:

Kesimpulan tahap urutan (r)evolusi ilmu pengetahuan menurut Thomas S. Kuhn:

(Tahap Pra. Pra paradigma & Pra (Ilmu) pengetahuan. Masalah dan (varian teori dan aliran) pemecahan ilmiah antar ilmuwan terpisah, tumpang tindih dan bertentangan. Tak ada paradigma tunggal diterima. Keadaan polemik.)

Tahap I. Normal. Paradigma ilmu pengetahuan (lama) umum. Masalah-masalah normal dapat dipecahkan dengan asumsi paradigma tunggal dianut. Keadaan biasa.

Tahap II. Anomali. Muncul masalah tidak dapat dijelaskan dan dipecahkan paradigma ilmu pengetahuan (lama) dianut. Masalah semakin besar dan mendasar. Keadaan ragu.

Tahap III. Krisis. Paradigma ilmu pengetahuan (lama) dianut diusahakan berulang kali tetap tak dapat dijadikan asumsi dasar memecahkan masalah. Keadaan tidak pasti.

Tahap IV. (R)Evolusi. Paradigma baru diajukan, asumsi dasar baru ilmu pengetahuan mampu memecahkan masalah, yang tidak dapat dipecahkan paradigma lama sebelumnya. Keadaan tenang.

Tahap V. Matang (normal). Paradigma ilmu pengetahuan baru diterima dan digunakan umum sebagai asumsi dasar baru memecahkan masalah-masalah normal kemudian (kembali). Keadaan biasa.

(Tahap Tambahan. Paradigma Ilmu Pengetahuan Tambahan Luar Biasa & (R)Evolusi. Paradigma ilmu pengetahuan dianut mengalami tambahan penyempurnaan luar biasa memecahkan masalah istimewa. Keadaan Berkembang).


(Sumber Diolah (QZ) :Thomas S. Kuhn, The Structure of Scientific Revolutions, 1970, Chicago Press, New York (Tjun Surjaman (penterjemah), The Stucture of Scientific Revolutions – Peran Paradigma dalam Revolusi Sains, Cetakan ketiga, April 2000, PT Remaja Rosdakarya, Bandung).

Apa pengaruh (sistem) paradigma baru TOTAL QINIMAIN ZAIN: The Strategic-Tactic-Technique Millennium III Conceptual Framework for Sustainable Superiority ini, bagi kemajuan dunia dan ilmu pengetahuan?

Untuk ilmu pengetahuan eksakta dan murni berpengaruh sebagai evolusi ilmu pengetahuan, tetapi untuk (ilmu) pengetahuan sosial dan terapan sangat berpengaruh sebagai revolusi, yaitu paradigma ini merubah pandangan seluruh apa yang dipahami atau tak dipahami dulu dan teks referensi (ilmu) pengetahuan sosial dan terapan (tercakup pula administrasi dan manajemen) harus ditulis ulang.


APA lagi?

Qinimain Zain
Scientist & Strategist

Catatan: Tulisan berikutnya Tahap I (V?), paradigma (baru) TOTAL QINIMAIN ZAIN: The Strategic-Tactic-Technique Millennium III Conceptual Framework for Sustainable Superiority, sebagai bukti mampu memecahkan masalah-masalah yang menyebabkan paradigma lama mengalami krisis.