Saturday, April 24, 2010

Strategi (R)Evolusi (Agenda Riset Nasional dan Strategi-Taktik-Teknik (22/100))


Benar ngak sih, Agenda Riset Nasional Negara Republik Indonesia?

(Indonesia Sustainable Superiority: Strategi (R)Evolusi Riset Nasional.

AGENDA RISET NASIONAL DAN STRATEGI-TAKTIK-TEKNIK (22/100)

Paradigma Baru (R)Evolusi Ilmu Pengetahuan

PRINSIP. 18

ARAH yang benar salah jalan, keberhasilan menjadi impian. Jalan yang benar salah langkah, keberhasilan menjadi kebuntuan. Langkah yang benar menjadi salah arah, keberhasilan menjadi kesia-siaan (Qinimain Zain TQZ Essential Cycle).

NEGARA (apa, siapa, organisasi, departemen, usaha, daerah) mana pun, untuk unggul di masa depan harus memiliki arah, jalan dan langkah yang benar dan terpadu.

Jika tidak, akan buang tenaga, bahan, biaya, waktu, dan pikiran saja.

PARADIGMA (lama) Riset Nasional dan Strategi-Taktik-Teknik: Lihat, http://www.ristek.go.id/. REFERENSI Agenda Riset Nasional (Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), 2010). Lihat juga, http://www.ristek.go.id/. REFERENSI RPJMN 2010 – 2014. (Buku II MEMPERKUAT SINERGI ANTAR BIDANG Bab IV ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI) (Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), 2010).

(Cermati sendiri*)

PARADIGMA baru Total Qinimain Zain: The (R)evolution of Social Science – The Modern Scientific Administration and Management (2000).

(TQZ Essential Cycle Diagram: DI SENSOR**)

(Tidak dapat diberitahukan kepada umum. Strategi seperti ini, dalam sejarah keunggulan persaingan negara Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang dan lain-lain dinyatakan sebagai RAHASIA MILITER, yang dapat menentukan nasib masa depan suatu bangsa).

APA ***?

Qinimain Zain

Scientist & Strategist

Catatan:

  1. *) Lihat: Buku II Bab IV, Halaman II.4.10 Diagram 4.3 Pola Pengelolaan Lembaga Penelitian Kementrian: Mengetahui kebutuhan teknologi dan menemukan solusi teknologi.
  2. **) TQZ Essential Cycle: Strategi (arah – motivasi – konsumen - efektivitas), Taktik (jalan – ilmu pengetahuan – pesaing – efesiensi) dan Teknik (langkah – teknologi/alat – perusahaan/pribadi – produktivitas). (USAHA yang efektif tidak efesien, keberhasilan menjadi impian. Usaha yang efesien tidak produktif, keberhasilan menjadi kebuntuan. Usaha yang produktif tidak efektif, keberhasilan menjadi kesia-siaan (Qinimain ZainTQZ Essential Cycle). Strategi (mengelola konsumen), taktik (mengelola sumber daya manusia) dan teknik (mengelola sumber daya alam).
  3. ***) Apakah Indonesia (pemerintah, daerah, organisasi, usaha, produk dan pribadi dalam mengelola sumber daya dimiliki) sekarang efektif, efesien dan produktif? (Kalau hanya fokus dengan langkah mengetahui kebutuhan teknologi dan menemukan solusi teknologi, tanpa ada framework terpadu dengan arah (strategi motivasi) dan jalan (taktik ilmu pengetahuan) yang benar, keberhasilan akan sia-sia dan hanya mimpi. Biaya teknologi tinggi dan terbatas pada sedikit orang atau tak menyeluruh).