Saturday, April 24, 2010

Strategi (R)Evolusi: Masalah (Kedaluwarsa) Indonesia (29/100)


Masalah (Kedaluwarsa) Indonesia
Science Valley: ((R)Evolusi Ilmu – Paradigma Baru Milenium III)

Lalu, apa yang Masalah (Kedaluwarsa) Indonesia?
KETIKA ilmuwan mengambil keputusan paradigma baru bumi bulat, maka kosa kata dan formulasi paradigma bumi datar tak berguna lagi (John Naisbit).
“KADALUWARSA: Lewat masa pemakaian atau pemberlakuan” (Kamus Ilmiah Populer, 228: Tim Prima Pena, 2006). Produk dan jasa kadaluarsa bila sudah tidak atau kurang berguna lagi karena sudah rusak atau kurang tepat bahkan salah, bertele-tele dan sepotong-sepotong dibanding yang baru, sehingga bila masih digunakan akan berakibat buruk atau ketinggalan.

Masalah kemajuan peradaban kehidupan manusia di mana pun dari kemajuan pendidikan dalam bentuk belajar dan mengajar, secara formal atau tidak. Itu hanya karena dua hal inovasi atau penemuan baru yang lebih baik dan difusi atau penyebaran. Berasal dari kemajuan inovasi penelitian dan standarisasi penyebaran ilmu dan teknologi. Dan, semua itu berawal pada kemajuan pikiran.

Lantas, apa dasar bukti menyatakan (ilmu) pengetahuan paradigma lama telah kadaluarsa dibanding paradigma baru milenium III?

Ketika Paradigma Baru Milenium III – (R)Evolusi Ilmu: TOTAL QINIMAIN ZAIN (TQZ): The Strategic-Tactic-Technique Millennium III Conceptual Framework for Sustainable Superiority (2000), mengemukakan syarat (keter)aturan atau sistem ilmiah ilmu adalah  TQZ Scientific System of Science: TQO Mathematical Order (Kode), TQC Physical Order (Satuan Ukuran), TQS Biological Order (Struktur), TQI Linguistical Order (Teori), dan TQT Psychological Order (Hukum). Maka, seperti kata John Naisbit, paradigma lama (ilmu) pengetahuan yang tak teratur menurut TQZ Scientific System of Science, tak berguna lagi atau perlu ditulis ulang.

Jadi, jelas Masalah (Kedaluwarsa) Indonesia (dan dunia)?

BILA seorang ilmuwan mengumumkan menghasilkan suatu penemuan, artinya ia berpegang pada kepercayaan tertentu yang sudah bertahan diuji (L. Susan Stebbing).
BAGAIMANA Strategi Anda?
Rujukan: Copyright © Qinimain Zain
1.Qinimain Zain, Strategi (R)Evolusi Sistem Ilmu Pengetahuan, Tablomagazine BISNIS No. 17/II/27 Februari – 12 Maret 2005 : 10 (Total Qinimain Zain (TQZ) Scientific System of Science: TQO Mathematical Order (Kode), TQC Physical Order (Satuan Ukuran), TQS Biological Order (Struktur), TQI Linguistical Order (Teori), dan TQT Psychological Order (Hukum)).