Saturday, April 24, 2010

Strategi (R)Evolusi (Administrasi - Manajemen dan Fungsi (17/100))


MANA lagi (3x) sih, (r)evolusi (ilmu) pengetahuan filsafat administrasi paradigma lama oleh paradigma baru?

((R)Evolusi 3: Filsafat Administrasi)

ADMINISTRASI-MANAJEMEN DAN FUNGSI (17/100)

Paradigma Baru (R)Evolusi Ilmu Pengetahuan

Prinsip 13.

KADANG-KADANG sesuatu hal yang paling sulit dilihat adalah sesuatu yang paling jelas (Edgar Allan Poe)

SIAPA PUN, bagaimana pun untuk memecahkan masalah apa pun di mana pun, harus tanpa dengan sesuatu yang bermasalah.

Jika tidak, akan buang tenaga, bahan, biaya, waktu, dan pikiran saja.

PARADIGMA (lama) Filsafat Administrasi: Sondang P. Siagian (Cetakan ke-21: 1990, Lihat juga, Edisi revisi cetakan keempat, April 2008).

HINGGA kini para sarjana belum mempunyai kata sepakat yang bulat tentang fungsi-fungsi administrasi dan managemen itu, ditinjau dari segi klasifikasinya dan terminologi yang dipergunakan. (Sondang P. Siagian, Fungsi-fungsi Administrasi dan Managemen, hal. 101, al. 4).

PARADIGMA baru Total Qinimain Zain: The (R)evolution of Social Science – The Modern Scientific Administration and Management (2000).

TQZ Administration Function ada lima dan TQZ Management Function ada lima, serta ada TQZ Operational Function juga ada lima. Dalam paradigma baru, TQZ Fungsi Administrasi, TQZ Fungsi Manajemen dan TQZ Fungsi Pengerjaan semuanya berbeda dan berkaitan. Fungsi administrasi di rinci dengan fungsi manajemen, manajemen dirinci dengan fungsi pengerjaan sehingga jelas.

Jika suatu jelas bermasalah digunakan untuk memecahkan suatu masalah lain, jelas-jelas membuat masalah-masalah.

(SI)APA masalah sebenarnya?

Qinimain Zain
Scientist & Strategist

Catatan: Lebih dari 50 (lima puluh) hal di(r)evolusi atau revisi dari paradigma (lama) buku Filsafat Administrasi dari Sondang P. Siagian (FA SPS), PT Inti Idayu Press, Cetakan ke-21, Jakarta. (Buku ini telah direvisi oleh penulisnya, PT Bumi Aksara, Cetakan ke-empat April 2008, Jakarta) oleh paradigma baru Total Qinimain Zain Filsafat Administrasi (TQZ FA) (2000).