Saturday, April 24, 2010

Strategi (R)Evolusi (Paradigma dan Akar Masalah-Pemecahan (19/100))


MANA lagi (5x) sih, (r)evolusi (ilmu) pengetahuan (manajemen strategis) paradigma lama oleh paradigma baru?

((R)Evolusi 4: Paradigma Ilmu Pengetahuan (Sosial) Thomas S. Kuhn

PARADIGMA DAN AKAR MASALAH - PEMECAHAN (19/100)

Paradigma Baru (R)Evolusi Ilmu Pengetahuan

Prinsip 15.

Dia yang bertanya hanya bodoh selama satu menit, tetapi ia yang tidak melakukannya tetap bodoh selamanya (Peribahasa Cina).

SIAPA PUN (dan atau kelompoknya), bagaimana pun, di mana pun harus memiliki paradigma (pola pandang) terhadap diri dan lingkungannya dalam berpikir, bersikap dan bertingkah laku.

Jika tidak, akan buang tenaga, bahan, biaya, waktu, dan pikiran saja.

PARADIGMA (lama) (E-mail):

PLEASE explain (The New Paradigm of TOTAL QINIMAIN ZAIN: The Strategic-Tactic-Technique Millennium III Conceptual Framework for Sustainable Superiority (2000))?Terry Nichols Clark, Professor of Sociology University of Chicago - using decision making theory to approach urban politics an others social phenomena, Department of sociology – The University of Chicago”.

Thomas S. Kuhn menulis buku The Structure of Scientific Revolutions di Palo Alto Center for Scholars, dikelilingi oleh para ilmuwan sosial, ketika ia mengamati bahwa mereka tidak pernah dalam perjanjian pada teori atau konsep. Ia menjelaskan bahwa ia menulis buku ini tepat untuk menunjukkan bahwa tidak ada, tidak akan ada apapun, paradigma dalam ilmu sosial. (http://en.wikipedia.org/wiki/Paradigm).

Kata Kunci: Ilmuwan sosial, tidak pernah, tidak ada, paradigma ilmu sosial.

PARADIGMA baru Total Qinimain Zain: The (R)evolution of Social Science – The Modern Scientific Administration and Management (2000).

Sebuah paradigma adalah dasar asumsi memahami, menentukan dan melakukan apa pun untuk semua orang. Dan, asumsi dasar ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang teratur (systematic knowledge). Artinya, pertanyaan puncak masalah adalah apa (saja) keteraturan (pola dasar) ilmu pengetahuan (sosial ) itu? (Yaitu, asumsi dasar keteraturan, pola dasar, paradigma, Theory of Everything (TOE), atau saya sebut The scientific system of science).

Ini yang harus dipecahkan. Akar masalah dan kunci pemecahan ilmu pengetahuan masa lalu, sekarang dan masa depan. (Lihat, http://scientist-strategist.blogspot.com, Strategi (R)Evolusi Filsafat Penelitian Milenium III, (Butanya Dasar Belajar Mengajar: Theory of Everything) (Harian RADAR Banjarmasin, Sabtu 11 & Senin 13 Oktober 2008)).

Referensi:

Paradigma digunakan dalam linguistik dan ilmu untuk menjelaskan konsep yang berbeda. Ia berasal dari bahasa Yunani paradeigma, "pola, contoh, sampel".

Kata paradigma juga masih digunakan untuk menunjukkan pola atau model atau contoh yang jelas atau khas luar biasa atau pola dasar.

Dari tahun 1960-an dan seterusnya, kata ini disebut pola pikir dalam setiap ilmiah disiplin atau lainnya epistemologis konteks. The Merriam-Webster Online mendefinisikan penggunaan kamus ini sebagai "sebuah kerangka teoritis dan filosofis dari sebuah sekolah ilmiah atau disiplin di mana teori-teori, hukum, dan generalisasi dan eksperimen dilakukan di dukungan dari mereka dirumuskan; luas: atau kerangka filosofis teoritis manapun jenis ". (http://en.wikipedia.org/wiki/Paradigm).

Kata kunci: Pola, Pola pikir, Pola dasar, Kerangka filosofis teoritis manapun, Ilmiah.

Jika semua orang bebas kacau memahami, menentukan dan melakukan apa pun dengan tanpa dasar (keter)aturan semau-maunya sendiri. Tak perlu ada ilmu pengetahuan, sekolah, organisasi dan negara.

APA jadinya?

Qinimain Zain
Scientist & Strategist

Catatan: Lihat (Pengaruh dan Kesimpulan (14/100)), Tahap Pra Paradigma & Pra (ilmu) Pengetahuan: Masalah dan (varian teori dan aliran) pemecahan ilmiah antar ilmuwan terpisah, tumpang tindih dan bertentangan. Tak ada paradigma tunggal diterima. Keadaan polemik.) Contoh, Kasus (nasional) Pansus Bank Century polemik pertarungan aliran ekonomi tentang (definisi) kata sistemik. Kasus (regional Kalsel) Sastra Banjar polemik pertarungan sudut pandang teoritis - praktis (definisi) karya sastra Banjar. Dan lain-lain.