Saturday, April 24, 2010

Strategi (R)Evolusi (Kelas Manajerial dan Menonjol (16/100))


MANA lagi (2x) sih, (r)evolusi (ilmu) pengetahuan filsafat administrasi paradigma lama oleh paradigma baru?

((R)Evolusi 2: Filsafat Administrasi)

KELAS MANAJERIAL DAN MENONJOL (16/100)

Paradigma Baru (R)Evolusi Ilmu Pengetahuan

Prinsip 12.

TUJUAN pokok ilmu adalah mencari sesuatu yang benar tentang dunia. Aktivitas ilmu di arahkan untuk melihat kebenaran, dan hal ini dinilai dengan ukuran pembenaran fakta-fakta (Jacob Bronowski).

BAGI siapa pun, di mana pun, hal apa pun dalam sebuah sistem semua menjadi bagian penting, dan menjadi terpenting pada saatnya.

Jika tidak, akan buang tenaga, bahan, biaya, waktu, dan pikiran saja.

PARADIGMA (lama) Filsafat Administrasi: Sondang P. Siagian (Cetakan ke-21: 1990, Lihat juga, Edisi revisi cetakan keempat, April 2008).

Revolusi politik dan sosial akan timbul dan diselesaikan, akan tetapi akan ada revolusi pada abad modern ini yang tidak akan pernah selesai yaitu managerial revolution yang menimbulkan suatu kelas terpenting dalam suatu masyarakat yaitu the managerial class (James Burnham). (Sondang P. Siagian, Pendahuluan, hal. 1, al. 2).

PARADIGMA baru Total Qinimain Zain: The (R)evolution of Social Science – The Modern Scientific Administration and Management (2000).

TQZ Society Class: Total Quality Operation (TQO) - Employee, Total Quality Control (TQC) - Supervisor, Total Quality Service (TQS) - Manager, Total Quality Information (TQI) – Senior Manager, dan Total Quality Touch (TQT) – Director.

BENAR, managerial class adalah kelas yang penting dalam masyarakat. Tetapi, semua kelas penting sebagai satu kesatuan. Hanya saja, tahun 1990 (perhatikan buku cetakan ke-21: 1990) memang kebutuhan (ilmu) manajemen mengemuka, tetapi kini tahun 2000 (r)evolusi teknologi informasi yang menonjol. Setiap waktu tertentu terdapat kebutuhan tertentu yang mendapat prioritas. Jadi, managerial class bukan terpenting, tetapi penting diantara lima kelas masyarakat (dalam paradigma TQZ).

APA kurang lagi?

Qinimain Zain
Scientist & Strategist

Catatan: Studi kasus perbandingan paradigma (lama) buku Filsafat Administrasi dari Sondang P. Siagian (FA SPS), PT Inti Idayu Press, Cetakan ke-21, Jakarta. (Buku ini telah direvisi oleh penulisnya, PT Bumi Aksara, Cetakan ke-empat April 2008, Jakarta), dengan buku Total Qinimain Zain Filsafat Administrasi (TQZ FA) (2000).